Hidup adalah Perjuangan. Berjuanglah sesuai dengan kamampuan yang Tuhan berikan kepada Kita
yu

3.29.2011

PENDIDIKAN KAB. DEIYAI SANGAT MEMPRIHATINKAN

Madaibo_==_Peningkatan kualitas dan kuantitas Sumber Daya Manusia ( SDM ) pengembangan utamanya melalui pendidikan, baik itu pendidikan formal maupun informal. Apabila dalam peningkatan pendidikan yang mendominasi adalah kuantitas maka, dampak dari pada pendidikan akan mogok atau pendidikan tidak berjalan secara efektif, karena kualitas sumber daya manusia belum memadai. Dalam hal ini kabupaten deiyai yang masa karatekernya sudah berumur hampir dua tahun namun belum memberikan wajah pendidikan yang baik disamping itu beberapa sekolah di palang oleh tenaga pengajarnya sendiri karena yang menjadi hak – hak guru di tahan oleh Dinas terkait. Hingga sampai saat ini, di Kabupaten Deiyai pendidikan belum berjalan secara optimal di sebabkan karena kurang perhatihannya pemerintah daerah.

Pemerintah daerah sedang membangun gedung sekolah baru di beberapa distrik yang ada di kabupaten deiyai, itu merupakan salah satu langkah yang sangat mulia. Namun tidak di lengkapi dengan fasilitas umum sekolah dan tenaga pengajar maka sama saja hal itu bohong, sehingga pemerintah daerah musti sadar atas perbuatan yang di lakukan secara semena – mena tanpa mempertimbangkan dampak – dampak yang terjadi pada masa yang akan datang.

Apabila budaya tersebut ditanamkan di kabupaten yang statusnya masih karateker dampak yang akan terjadi sangat besar ketika daerah tersebut menjadi kabupaten definitif. Padahal perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ( IPTEK ) sedang merajalela di tengah masyarakat umum sangat menuntut seseorang untuk harus berkembang lebih maju untuk menghadapi tantangan perkembangan ilmu teknologi canggih ini.

Dalam kerangka kehidupan yang demokratik dan desentralistik pemerintah Kabupaten D eiyai sebagai pemegang mandat rakyat dan pelaksana kepentingan daerah harus mengubah orientasi dan pendekatannya dari sekedar pemberi atau pembangun semua pelayanan public menjadi pihak yang mendorong, memberdayakan, dan memberi kemudahan agar pelayanan public mudah di peroleh, bermutu dan terjangkau sesuai kemampuan yang di miliki pada suatu sekolah, baik itu tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Umum (SMU).

Pendidikan adalah salah satu ujung tombak pembangunan yang mesti di benahi secara serius. Maju mundurnya suatu daerah ada pada nilai kualitas pendidikan yang sempurna sehingga penanganan terhadap pendidikan musti di optimalkan sesuai dengan tupoksi yang dimiliki di Instansi – instansi yang terkait serta perlu ada intervensi dan sinergi (kerja sama) dari Lembaga Swadaya Masyarakat ( LSM ) yang domisili di lingkungan pemerintah daerah setempat, agar pendidikan berjalan lancar tanpa hambatan dengan sistem berbasiskan juga.

Tuntutan era-globalisasi masa kini sedang meloncat cukup jauh sehingga setiap daerah mampu menghadapi sesuai dengan kapasitas yang di milikinya, untuk menunjang perkembangan tersebut. Melalui berbagai instrument pemerintah daerah harus memperdayakan, mempermudah, dan memberi peluang kepada pendidikan sebagai wadah untuk mendapatkan ilmu dalam mengembangkan prakarsa pembangunan manusia deiyai yang seutuhnya. Perlu di tinjaukan selanjutnya .

0 komentar

Poskan Komentar