Hidup adalah Perjuangan. Berjuanglah sesuai dengan kamampuan yang Tuhan berikan kepada Kita
yu

3.11.2011

OTONOMI KHUSUS ( OTSUS), PEMEKARAN MENUJU UP4B

Apakah Masyarakat akan sejahtera......???

Kini pemerintah pusat merencanakan dan sedang menyusun program kerja untuk mensejaterahkan masyarakat khususnya, masyarakat yang domisili di pulau Papua yakni Pemerintah provinsi Papua dan Papua Barat. Program yang sedang di rangcang oleh pemerintah pusat adalah Unit Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat ( UP4B). UP4B ini sangat heboh di beberapa media, baik itu media elektronik maupun media cetak.

Tujuan dari UP4B ini adalah membuka isolasi daerah baik itu pegunungan Papua serta pesisir agar pembangunan berkesinambungan dan masyarakat lokal bisa rasakan adanya pembangunan yang kontinyu di celah – celah hutan belantara. UP4B ini boleh di katakan anak kandung dari Otonomi khusus dan pemekaran. Sementara Otonomi khusus telah gagal total implementasikan di sejagat Papua, dan pemekaran belum menjamin total kepentingan masyarakat lokal malah semakin hari semakin ketinggalan dengan perkembangan era – globalisasi ini.

Unit Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat ( UP4B) merupakan Otonomi khusus jilid ke II sengaja di susun oleh pemerintah pusat agar meredahkan isu politik tentang Papua merdeka. Sedangkan masyarakat lokal sedang menyampaikan aspirasi melalui turun ke jalan ( Aksi Damai) untuk menyatakan bahwa otonomi khusus telah gagal total di Tanah Papua, namun penyampaian aspirasi tersebut tidak di respon baik dari pihak pemerintah yang terkait, Seakan – akan masyarakat Papua adalah bukan bagian dari Negara Indonesia.

Unit Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat ( UP4B) ini bila di kajikan maka program tersebut tidak akan menjawab persoalan di tanah papua, apa lagi program otonomi khusus yang kelas kaliber saja belum di implementasikan secara detail. Dahulunya pemerintah pusat menyusun program Otsus, sejalan dengan ini karena otsus tersendat selanjutnya pemerintah pusat luncurkan pemekaran. Pemekaran sekalipun program yang terbaru ini juga gagal menjawab persoalan di daerah Papua, kini peluncuran Unit Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat ( UP4B) hanya sebuah gula – gula yang di berikan oleh pemerintah pusat ke daerah Papua, apakah dengan program yang versi terbaru ini menjawab berbagai tantangan di Papua? Sedangkan rakyat papua selalu berteriak di bawah terik matahari dengan cakupan nada “ Program kerja baik itu Otsus dan Pemekaran telah gagal total, kembalikan program tersebut ke bingkai NKRI” apa solusinya bagi rakyat Papua ?

Menurut kajian penulis artikel ini menelaah bahwa UP4B ini tidak akan menjawab serta tidak akan mensejatehkan masyarakat pribumi, program tersebut hanya sebuah paradigma dimana orang – orang elit lokal serta elit politik pusat tempat untuk mempertebal dompet pribadi. pada akhirnya masyarakat lokal akan terpinggirkan.

Untuk menjawab segala kegagalan program dari bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), pemuda pelajar dan mahasiswa merupakan parameter untuk menjawab tantangan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi ke arah yang baik. Tuntutan – tuntutan dari rakyat pribumi papua adalah bukan meminta program UP4B atau program yang kelas caliber namun mereka ( rakyat Papua) tuntut adalah solusi konkrit menuju Papua baru yang bebas dari segala penindasan.

Dalam kutipan di atas ini rakyat Papua bukan pula menuntut pada Negara Indonesia program - program yang sifatnya ladang usaha bagi elit politik namun, rakyat mendesak untuk mengakui secara defacto dan dejure karena secara nyata tanggal 1 desember 1961 Negara Papua telah Merdeka.____By : Madaibo


0 komentar

Poskan Komentar