Hidup adalah Perjuangan. Berjuanglah sesuai dengan kamampuan yang Tuhan berikan kepada Kita
yu

10.12.2008

OTONOMI KHUSUS PAPUA

APANYA YANG KHUSUS ?

Oleh Madai

Otonomi khusus telah di luncurkan oleh Negara Indonesia sejak tujuh tahun yang silam, dalam hal ini otonomi khusus hanya diberikan kepada propinsi yang terletak di ufuk timur Indonesia ( PAPUA ) dan ufuk barat indonesia (ACEH ). dengan tujuan yang sangat mulia dan mempunyai multidimensi yaitu untuk mengatur rumah tangganya sendiri, berarti segalanya yang terdapat di Propinsi Papua baik itu kekayaan alam, system pemerintahan dan lain – lain di atur oleh pemerintah daerah setempat tidak intervensi dari pemerintahan dari daerah lain maupun pemerintah Nasional, “waa….enak nie…. jika memang demikian….? ”

Melalui arus tersebut telah membawa efek yang baik , buruk dan juga efek yang mengandung dua kata tersebut, lebih menguntungkan jika efek yang baik itu terdominan di kalangan masyarakat dan di lingkungan birokrat, lebih di sayangkan lagi jika efek buruk itu mereja lelah di kalangan masyarakat jelata yang sementara lagi tertindas di dusun – dusun maupun kampung – kampung akibat perkembangan era tersebut

Sesuai dengan nama otonomi khusus, banyak orang di Papua secara khusus dan Indonesia, bahkan dunia Internasional berfikir bahwa otonomi khusus Papua mempunyai makna khusus tersendiri. Makna khusus itu di pahami dalam segala bidang. Dimana dalam kehidupan masyarakat papua itu di beri porsi khusus. Artinya harus ada sikap dan tindakan yang lebih khas tetapi juga lebih manusia menurut pemahaman secara nasional.

Pantauan saya dalam otonomi khusus ini selama tujuh tahun hingga kini apa yang menjadi basic tujuan utama tersebut belum realitas, mengapa saya tuangkan demikian? Karena dengan hadirnya otonomi khusus di tanah papua menjadi lahan bisnis dimana para elit – elit politik moment yang tepat untuk mempertebal dompet tanpa memperhatikan lingkungan sekitarnya yang sementara tidak menikmati hadirnya otonomi khusus dan belum mengenal adanya mata uang Rupiah yang beredar di kalangan elit politik local maupun interlokal, dan bertolak dari makna tujuan tersebut jika ada otonomi khusus di tanah papua boleh di katakan bahwa dengan hadirnya hal tersebut maka mengapa hingga kini belum ada pendidikan yang gratis di papua sedangkan sumber daya alam ( SDA ) emas, perak, tembaga, dll yang terletak di bumi cenderawasih, sampai saat inipun dapur bagi Negara Indonesia & menjamin beberapa Negara di kawasan ASEAN dan kawasan ASIA bahkan sampai ke Negara adhi kuasa yaitu Amerika Serikat.

Sejak wacana otonomi khusus Papua di cetuskan, satu hal yang menjadi perbincangan public masalah uang. Banyak di kalangan elit politk meghitung – hitung bagaimana rumus perimbangan antara pusat dan daerah, sedangkan apa yang dirasakan di kalangan masyarakat belum di perhatikan kata kuncinya “ Khusus Berorientasi Pada Uang”

Dampak dari orientasi berfikir yang menitik – beratkan pada masalah uang yang di rancang dalam UU otonomi khusus adalah munculnya banyak uang dalam era Otonomi khusus di Papua. Dana APBD yang triliun itu membuat manusia gelisah, para elit berfikir bahwa bagaimana uang tersebut jatuh di tangan mereka jadi kata kuncinya “ Khusus mengumpulkan kekayaan ”.

Dari dua kata kunci di atas khusus berorientasi pada uang dan khusus mengumpulkan kekayaan, maka yang terakhir adalah khusus menderitakan rakyat setempat di rumpung Melanesia, karena masyarakat jelata tidak dapat bergerak kemana – mana sebab ruang geraknya di batasi oleh kaum berjouis, namun apapun yang terjadi pada akhiratnya anda ( kaum elit ) sendiri yang akan merasakan dan bertanggung jawab di hadapan sang pencipta.

2 komentar

MyAvatarInside 13 Oktober 2008 00.50

smoga papua bisa lebih baik dalam memperbaiki perekonomian dan kesejahteraan rakyatnya lebih baik...

regards,
MyAvatarInside
http://3dsmaxsupport.blogspot.com/

FREE WEST PAPUA NEWS 18 Januari 2009 13.57

OKE MANTAP BOY TAPI ADA SATU YANG MASIH KURANG YAITU FOLLOW ITEMNYA

Poskan Komentar